Monday, May 14, 2007

[Book] The Broker (Sang Broker)

By: John Grisham
Genre: Novel Dewasa
Rating: *****
Page: 600 Halaman
Penerbit: GPU



Di saat-saat terakhir masa kepemimpinan Presiden Arthur Morgan. Ia memberikan pengampunan hukum yang sangat kontroversial kepada Joel Backman, seorang power broker yang telah menghabiskan tahanan di penjara federal selama 6 tahun. Di masa jayanya, Backman di duga mendapatkan teknologi rahasia, system satelit pengintai yang super duper canggih, yang tidak di ketahui siapa pemiliknya.

Backman, diam-diam di seludupkan keluar negeri oleh CIA, badan inteligen USA yang telah mengatur pengampunannya. Backman di beri nama baru, identitas baru, dan tempat tinggal baru di Italia. Seharusnya Backman adalah orang bebas, namun tidak begitu adanya. Backman terjebak dalam permainan yang di ciptakan oleh CIA.

Rencananya, bila Backman telah mapan di kehidupan barunya, CIA akan membocorkan keberadaannya kepada pihak-pihak yang memburunya, negara-negara yang merasa di pecundangi oleh Backman enam tahun silam. Kemudian CIA dengan santai akan menyaksikan siapa yang akan membunuh Joel Backman terlebih dahulu, dengan demikian, terkuak sudah siapa pemilik teknologi canggih yang di miliki oleh Backman.

Permainan yang sangat kotor, memang. Tapi bukan Joel Backman namanya bila ia dengan mudah dapat tertipu dengan permainan kotor CIA. Backman dengan cerdik justru mem pecundangi CIA. Dengan cepat, ia dapat beradaptasi dengan negara yang baru sekali ia kunjungi saat masa kejayaannya. Backman bisa menguasai bahasa Italy dengan cepat dan mengerti seluk beluk kota Bologna tempat ia di sembunyikan.

Backmand di bantu oleh Francesca, guru bahasa Italia nya yang juga seorang pemandu wisata untuk meloloskan diri dari Italia, ia meminjamkan Backman atau Marco Larezzi--nama baru Backman--passport suaminya yang sedang sekarat. Backman memang sangat beruntung, ia bisa dengan mudah mengeco agent-agent CIA dan para pemburu yang sangat ingin menghabisi nyawanya.

Pelarian Backman berbuah hasil, ia bisa sampai di Swiss, bahkan bisa kembali Washington DC untuk membersihkan namanya.

John Grisham memang brilliant, ia meramu cerita spionase, teknologi dan hukum dengan apik. Aku tak bisa berhenti membaca novel ini, aku terlalu tenggelam dengan petualangan Backman. Apa lagi di buku ini, secara tidak langsung aku bisa belajar bahasa Italia dan juga memperkaya wawasanku tentang kuliner di negeri itu. Aku beri lima bintang untuk buku ini, Bravo!! (SA/2007)

No comments: