Saturday, September 29, 2007

[Book] Sang Musafir

By: Mohamad Sobary
Genre: Novel Sastra
Rating: ****
Page: 272 Halaman
Penerbit: GPU
Cetak: Agustus 2007

Baru kali ini saya membaca novel karya Kang sobary, selama ini saya hanya sering melihatnya di TV dan membaca beberapa artikelnya di media cetak nasional. Sejak dulu saya senang dengan pembawaan beliau yang low profile dan ketika Membaca novel "Sang Musafir," saya bagai sedang membaca buku otobiografi beliau.

Di dalam novel ini, sang penulis banyak bercerita tentang struktur pemerintahan yang tampak sangat teratur, namun sebenarnya tidak dan bagaimana susahnya jadi pejabat yang jujur, serta banyak hal lainnya.

Sang musafir tidak semata-mata bercerita tentang pencarian, tetapi sang musafir lebih banyak bertanya, namun sering kali bukan jawaban yang ia dapat, namun pertanyaan lain yang akan timbul, dan membuatnya semakin penasaran.

Seperti ini pertanyaan sang musafir itu: Aku mungkin hanya musafir iseng yang tak punya tujuan? Apa yang kucari? Aku terpenjara oleh kantor, oleh keluarga, oleh orang tua dan mertua, oleh istri dan anak-anak. Tapi siapa bilang aku tak terpenjara oleh nafsuku sendiri dan kecenderungan-kecenderungan sok mengejar apa yang abadi, tapi tak sadar telah kandas di atas segala yang fana?

Secara keseluruhan buku ini sangat layak di baca, karena banyak sekali pesan-pesan moral yang bisa menjadi panutan. Banyak petuah yang membuat hati tentram.

Seperti, di salah satu halaman di katakan, bahwa jalan hidup manusia tidak bisa mengikuti garis aturan yang lurus. Kenapa? karena manusia tidak bisa jalan lurus. "Kau tak boleh kesini. Tempatmu di kota. Jalan dan lorong-lorong yang harus kau lalui masih panjang. Jalanmu berliku-liku, sebab kau manusia, bukan kereta api."

Sebelum kalian membaca buku ini, penting untuk di ketahui bahwa buku ini tidak seperti 'Novel Fiksi' kebanyakan.(SA/2007)

No comments: